Makanan Khas Sunda

Makanan Khas Sunda bagi anda yang belum tahu pastinya penasaran, nah di sini saya akan sedikit share mengenai informasi beberapa makanan yang menjadi ciri khas sunda. Jika anda bepergian ke daerah jawa barat tentunya tidak lengkap apabila anda belum mencicipi makanan kuliner sunda yang lezat dan menggoda.

Makanan Khas Sunda tentunya sangat banyak dan beraneka ragam, dengan beragai jenis masakan yang khas dengan cita rasa masakan yang luar biasa, masakan sunda banyak yang di cari para pecinta kuliner indonesia.

Sega Lengko
Sega lengko ini makanan khas dari Indramayu dan Cirebon, bagi wong Dermayu dan Cerebon makanan ini sudah tidak asing lagi, biasanya disana untuk sarapan pagi sebelum menjalankan aktivitas cukup membeli Sega Lengko, nasi ditambah toge, mentimun daun semanggi juga ada kangkung dikasih bumbu yang khas waduh nikmatnya, di kota2 besar sepertti Jakarta dan sekitarnya dan Bandung itu sudah ada out let yang menjual Sega Lengko

Karedok
Makanan karedok atau keredok adalah juga merupakan makanan khas sunda jawa barat. Secara umum gambaran keredok menggunakan bahan-bahan mentah(tidak di masak) di tambah dengan bumbu kacang. Bedanya dengan gado-gado adalah gado-gado di masak bahan bakunya, sedang keredok tidak.  Makanan karedok ini dibuat dengan menggunakan bahan-bahan diantaranya adalah ketimun, ada tauge, kol, kacang panjang, daun kemangi, serta terong. Sedangkan untuk bahan sausnya dibuat dari bahan cabai merah, bawang putih, kencur, kacang tanah, air asam, gula jawa, garam, dan terasi. maknyos di makan ketika makan siang bersama keluarga

Ladu
Makanan atau jajanan Ladu ini merupakan suatu penganan yang terbuat dari ketan. Makanan tradisional ini yang berasal dari daerah Malangbong, Garut, Jawa Barat. Untuk pembuatan Ladu, bahan dasarnya terbuat dari tepung ketan putih sangrai, kemudian gula putih, gula aren merah, serta kelapa yang telah diparut.

Lotek
Makanan Lotek ini hampir mirip dengan pecel, yaitu jenis makanan dari beberapa sayuran yang sudah direbus kemudian disiram dengan menggunakan sambal dari bumbu bumbu kacang. Yang menjadi keunikan dari makanan ini yaitu bahan untuk sambalnya di samping kacang seringkali juga ditambahkan pakai tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih.

Itulah beberapa makanan khas sunda yang sajikan, mungkin masih banyak lagi makanan khas sunda yang lain seperti Batagor, Bakso Kocok, Serabi, Combro, Misro, Serabi Oncom, Peuyeum, Cireng, Combro, Gepuk, Ambokueh, Colenak, Bala-bala, Bandrek, Bajigur, Tahu Sumedang, Dodol Garut, Sega Jamblang, Soto Bandung,Tahu Gejrot, dll. Jika informasi ini kurang lengkap tolong di share di kotak komentar sesering mungkin akan saya update. Janga lupa mampir dan nikmati kuliner khas sunda sebagai wisata kuliner anda..wasalam..

1 comments:

Toko Online Ramuan Madura mengatakan...

mksih infox..

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Aristyawandh Blog