Menu Buka Puasa Dan Sahur Yang Sehat

Menu Buka Puasa Dan Sahur - Bulan puasa segera tiba untuk itu bagi sobat yang menjalankan bersiap-siap untuk menjalankan ibadah puasa sebulan penuh tentunya sobat yang ingin menjalankan puasa untuk berbuka puasa serta sahur harus menyiapkan menu serta resep makanan sehat untuk berbuka puasa serta sahur.
Biasanya dalam membuat menu buka puasa serta sahur di buat istimewa karena dalam menjalankan puasa satu hari tidak boleh makan, jadi resep menu makananannya harus mengandung berbagai vitamin, protein maupun karbohidrat agar stamina kita dalam menjalankan puasa lebih kuat.

Nah berikut ini saya akan sedikit berbagi info menu berbuka puasa dan sahur yang sehat selamat bulan ramadhan nanti :

Menu Buka Puasa :
- Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik
- Karbohidrat kompleks akan lebih baik plus makanan yang tidak digoreng. Nasi putih, dan makanan gorengan akan membuat ngantuk saat tarawih. Gorengan mengikat oksigen darah sampai 20%
- Pasca buka puasa, konsumsi lagi air putih. Usahakan mulai buka puasa sampai tidur minimal masuk air 1 liter.

Contuh Menu Berbuka Puasa Sehat :
- Nasi merah dengan sate ayam, buah pisang
- Nasi merah dengan soto ayam, buah jeruk
- Spaghetti dengan saus tuna dan salad buah

Menu Sahur :
- Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula. Air kelapa juga boleh. Caranya minum air kelapa dulu, dan karena sifat elektrolit di air kelapa , maka kita akan masih merasa haus baru dilanjutkan dengan minum air putih. Ketika tidur tubuh kita kehilangan berat 1-2 kg, dan itu adalah air. Jadi memulai puasa dengan restorasi cairan adalah langkah yang baik.
- Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks seperti nasi merah, ubi, spageti, atau bubur kacang hijau dengan gula aren. Jenis karbohidrat ini lebih "tahan lama" dalam membuat gula darah stabil, sehingga mood menjadi relatif lebih baik.
- Jangan lupakan serat, baik dari sayur atau buah. Selain membersihkan usus, serat adalah "sapu alami" yang membantu membersihkan sisa daging di sela- usus.
- Pilih lemak sehat atau minyak yang tidak digoreng, seperti zaitun, minyak kelapa atau flaxseed oil. Misalnya dalam bentuk sambal. Lemak membuat pergerakan makanan di perut menjadi lambat, sehingga lebih tahan lapar. Akan tetapi kalau diasup minyak gorengan, baik dari makanan siap saji yang dibeli semalam sebelumnya, atau menggoreng langsung, maka kita memasukkan radikal bebas ke dalam tubuh kita. Akibatnya manfaat puasa secara fisiologis berkurang.

Contoh Menu Sahur Sehat :
- Masi merah dengan soto ayam, sambal minyak zaitun dan buah pisang.
- Bubur kacang hijau dengan gula aren dan telur setengah matang dengan 3 putih telur dan 1 kuning telur. Buah jeruk
- Bubur oatmeal dengan telur rebus dan irisan tomat buah.
- Sandwich, roti gandum dengan butter atau selai kacang. Telur setengah matang 3 putih dan 1 kuning. Buah pepaya.

Itulah sedikit informasi mengenai menu buka puasa dan sahur yang sehat untuk anda semuanya, semoga bermanfaat dan selamat menjalankan ibadah puasa..

0 comments:

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Aristyawandh Blog