Awal Puasa 2012/1433 H Versi Pemerintah, NU Dan Muhammadiyah

Awal Puasa Ramadhan 2012/1433 H Versi Pemerintah, NU Dan Muhammadiyah akan saya informasikan buat anda yang ingin mengetahui kapan puasa hari pertama di laksanakan di mana dalam menjelang ramadhan sering terjadi perbedaan kapan puasa pertama di laksanakan dari pemerintah, NU dan Muhammadiyah.

Muhammadiyah telah menetapkan awal puasa atau tanggal 1 Ramadhan mulai 20 Juli 2012, sedangkan Nahdlatul Ulama sudah memprediksikan awal puasa pada 21 Juli mengingat hilal masih terlihat kurang dari 2 derajat. Dalam Tanwir Muhammadiyah di Bandung lalu, Muhammadiyah telah mengeluarkan Maklumat dengan nomor : 01/MLM/I.0/E/2012 tentang penetapan Ramadhan, Syawwal, dan Dzulhijjah 1433 Hijriyah, serta himbauan menyambut Ramadhan 1433H. Dengan Maklumat yang ditandatangani ketua umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Din Syamsuddin, dan juga sekretaris umum PP Muhammadiyah Agung Danarto, Muhammadiyah secara resmi telah menetapkan awal puasa, Idul Fitri, dan juga Idul Adha 1433 Hijriyah.

Untuk Nahdlatul Ulama memperkirakan awal Ramadhan atau awal puasa tahun ini jatuh pada Sabtu 21 Juli. Prediksi bahwa 1 Ramadhan 1433 Hijriah jatuh pada Sabtu 21 Juli 2012 itu, juga tertuang dalam Almanak PBNU yang diterbitkan oleh Lajnah Falakiyah.

Kementerian Agama akan melaksanakan sidang Isbat nanti malam (19/7/2012) untuk menentukan 1 Ramadhan 1433 H. Sejumlah organisasi Islam, kecuali Muhammadiyah, akan mengikuti sidang tersebut, diantaranya Nahdlatul Ulama, PP Persatuan Islam (Persis), Dewan Syariah Partai Keadilan Sejahtera, dan jamaah lainnya.

Untuk pemerintah baru akan menggelar sidang isbat nanti malam, namun sejumlah organisasi sudah memprediksikan dan menetapkan awal Ramadhan. Pemerintah sendiri diprediksikan akan mengikuti prediksi NU, yaitu 21 Juli mengingat patokan dalam sidang isbat adalah bulan sudah terlihat 2 derajat atau lebi.

Itulah tadi artikel saya mengenai Awal Puasa 2012/1433 H Versi Pemerintah, NU Dan Muhammadiyah semoga bermanfaat. Untuk itu bagi sobat tidak usah meperdebatkan perbedaan awal puasa ini dari berbagai versi, karena semuanya di laksanakan dengan hati yang tulus dan ikhlas, selamat menjalankan ibadah puasa.

0 comments:

Posting Komentar

◄ Newer Post Older Post ►
 

Copyright 2012 Aristyawandh Blog